Media informasi online masa kini yang selalu update dengan konten menarik

JELASKAN PERDAGANGAN INTERNASIONAL : Pengertian dan Manfaatnya




contoh perdagangan internasional
Seperti kita tau perdagangan dalam skalanya dibagi menjadi 2 yakni perdagangan nasional dan internasional. Saat ini saya akan memberikan penjelasan tentang apa itu perdagangan Internasional dan apa saja manfaatnya, secara detail dan jelas serta mudah kalian pahami.
Dilansir dari Wikipedia.org perdagangan internasional adalah perdagangan yang dilakukan oleh penduduk suatu negara dengan penduduk dari negara lain atas kesepakatan bersama. Jadi perdagangan internasional itu bukan hanya dilakukan oleh perusahaan besar saja, perdagangan skala kecil namun dengan negara lain sudah bisa dibilang perdagangan internasional. Seperti sekarang ini sudah banyak toko online yang menyediakan barang berasal dari luar negeri. Contohnya kalian membeli barang dari toko online, dan barang itu dikirim dari luar negeri. Kalian inni sudah bisa disebut perdagangan luar negeri.

Manfaat Perdagangan internasional
Setelah kalian mengetahui secara singkat tentang apa itu pengertian perdagangan internasional, selanjutnya kita membahas tentang manfaat perdagangan internasional.
  • Pilihan Barang Menjadi Banyak
Manfaat pertama yang bisa diambil dari perdagangan internasional adalah, pilihan barang menjadi banyak dan variatif. Jika biasanya kalian berbelanja dipasar dan bosan dengan barang yang ada, kalian akan merasa lebih puas dengan melakukan perdagangan internasional. Selain itu karena barang yang ada diambil dari luar negeri, kalian akan mengerti dan lebih tertarik karena jenis barang yang ditawarkan sangat berbeda dari negara kita. Namun perlu diingat meskipun barang luar negeri berfariatif, barang dalam negeri juga banyak yang bagus dan unik.
  • Membuat Hubungan Baik Antar Negara
Manfaat selanjutnya adalah dalam skala besar, seperti kegiatan ekspor dan impor yang menjadikan hubungan kedua negara menjadi lebih baik. Negara kekurangan bahan bisa mengimpor, dan jika barang negara kita banyak lalu negara lain membutuhkannya kita bisa mengekspornya.
  • Peluang Kerja Meningkat
Manfaat ini juga akan terasa karena perdagangan internasional. Mengapa demikian? Jawabannya adalah karena ketika perdagangan internasional terjadi biasanya produktivitas barang juga akan meningkat maka dari itu pelaku usaha akan mulai mencari karyawan jika memang kekurangan. Contohnya saja begini, "kalian mempunyai usaha kain batik, lalu ada orang dari luar negeri memesan 500 biji kain batik sedangkan kalian hanya memiliki pekerja 10 orang dan diminta dalam waktu 3 hari harus selesai. Otomatis kalian akan mencari pekerja tambahan, dan itu berarti kalian telah memberikan lapangan pekerjaan bagi karyawan baru kalian."


Itulah 3 manfaat umum apabila terjadi perdagangan internasional. Namun untuk melakukan perdagangan internasional dibutuhkan ijin khusus apabila kalian ingin melakukannya secara langsung, namun jika tidak ingin ribet kalian bisa menggunakan toko online sebagai perantaranya.

Contoh Perdagangan Internasional
Berikut ini contoh perdagangan internasional;

1. Bahan-bahan pembuatan mobil dari Jepang, bahan-bahan yang diambil dari Jepang inilah salah satu contoh perdagangan internasional yang dilakukan negara kita.
2. Amunisi Senjata dari Jerman, kegiatan impor militer juga merupakan contoh perdaganan internasional.
3. Investasi dari China dan Arab Saudi, investasi juga termasuk contoh perdagangan internasional, karena nantinya kita akan saling berbagi hasil keuntungan dengan negara investor tersebut.

No comments:

Post a comment

Notes :
- Apabila ada produk atau hal lain yang ingin admin bahas tulis saja dikolom komentar
- Harap Berkomentar Sesuai Dengan Judul Bacaan
- Tidak Diperbolehkan Mempromosikan Barang Atau Berjualan