Media informasi online masa kini yang selalu update dengan konten menarik

Kenapa Internet Lelet? Ini Penyebabnya, dan Cara Mengatasinya

kenapa internet lelet?
Kenapa Internet Lelet? Ini Penyebabnya, dan Cara Mengatasinya - Internet menjadi kebutuhan penting saat ini, baik anak-anak, muda, ataupun yang sudah berumur membutuhkan jaringan internet. Yang penting masing-masing kategori ini memiliki smartphone yang bisa untuk berselancar didunia maya.



Namun untuk yang awam atau baru dalam dunia internet banyak muncul pertanyaan. Kenapa internet lelet?




Pertanyaan ini seringkali diucapkan terutama yang masih sangat baru dalam penjelajahan dunia internet. Kenapa internet lelet? Jawabannya adalah, tidak bisa dijawab dengan satu jawaban saja.




Karena memang penyebab internet lelet sendiri ada banyak hal, bisa karena sedang gangguan, karena lokasi kalian yang jauh dari tower BTS, atau smartphone yang masih kurang memadai. Namun saya rasa penyebab yang terakhir tersebut sudah sangat jarang, karena smartphone yang dimiliki sudah sangat baru hahaha.




Setelah itu apasih akibatnya jika internet lelet? Saya rasa pertanyaan ini sudah tidak perlu dijawab ya. Pastinya sudah banyak yang tau akibatnya jika internet lelet. Salah satu kegiatan yang berhubungan dengan koneksi internet akan terganggu, seperti belajar, mengirim data, mendownload data, streaming video dan masih banyak lagi.




Internet lelet tidak hanya ada dalam smartphone saja ya, di komputer juga bisa mengalaminya. Namun apasih penyebab internet lelet di pc atau laptop?




Lalu apa yang harus dilakukan jika internet lelet? Maka dari itu artikel ini saya buat, berikut ini adalah penyebab kenapa internet lelet? Dan bagaimana cara mengatasinya.




Kenapa Internet Lelet?

Seperti yang sudah saya jelaskan diatas bahwa ada banyak faktor yang menyebabkan internet lelet. Faktor ini memang tidak bisa dihindari, karena beberapa alasan.



Jika internet lelet karena gangguan, ini adalah hal yang wajar. Karena cara kerja internet juga seperti halnya mesin, mesin pasti akan rusak dan butuh perbaikan, internet juga seperti itu yang sewaktu-waktu butuh perbaikan.




Penjelasan lebih lengkapnya silahkan simak dibawah ini ya.




1. Internet Lelet karena Gangguan

internet lelet
Penyebab yang paling sering dialami pengguna internet adalah gangguan. Ya gangguan menjadi penyebab paling besar kenapa internet lelet. Ini bisa terjadi biasanya karena adanya perbaikan server yang dilakukan pihak tertentu.



Bisa karena ada kerusakan pada sistem mereka sehingga perlu untuk melakukan maintance lebih jauh untuk mengetahui kerusakannya.




Solusinya bagaimana?

Sayangnya menurut saya ini tidak ada solusinya, hahaha. Kok tidak ada solusinya? Iya pasti tidak adalah, kan lagi perbaikan. Solusi terbaiknya ya cuman nunggu sampai selesai perbaikan yang dilakukan. Sembari menunggu bisa nonton tv atau main dulu, biar gak bosen dirumah aja.



Namun biasanya meskipun perbaikan internet akan tetap berjalan meskipun kecepatannya tidak optimal atau lelet.




Jika kalian menggunakan jaringan wifi bulanan, kalian bisa langsung komplain kenomor yang sudah disediakan. Misalnya saya menggunakan jaringan indihome, bisa komplain lewat aplikasi atau situs resminya langsung jika ada gangguan. Namun jika memang seluruhnya gangguan, ya saya juga tidak bisa apa-apa selain menunggu.




Oke lanjut, kepembahasan selanjutnya.




2. Internet Lelet karena Chace penuh

Penyebab satu ini seringkali tidak disadari para pengguna smartphone, chace yang menumpuk bisa menyebabkan internet menjadi lelet. Penjelasan Chace bisa dilihat di jalantikus.com.



Singkatnya chace merupakan data sementara yang disimpan di smartphone kalian. Chace berisi data sementara dari penggunaan aplikasi di smartphone kalian. Contohnya kalian sering membuka Google Chrome untuk mengakses internet, nah natinya selain riwayat pencarian, chace juga akan ada di google chrome kalian.




Karena fungsinya sebagai penyimpan data, chace akan membuat aplikasi bekerja lebih cepat. Contohnya kalian membuka aplikasi WhatsApp, dan akan terdapat chace yang tersimpan, lalu kalian menutup aplikasinya dan membukanya lagi. Karena sudah ada data lama yang tersimpan maka aplikasi akan membaca data lama dari pada baru sehingga lebih cepat. Simpelnya seperti ini "kalian belajar pelajaran yang sudah pernah dibahas dengan pelajaran baru dan belum dibahas sama sekali, kalian akan lebih paham yang mana? Tentu saja yang sudah pernah dibahas bukan, nah seperti itulah fungsi chace"




Meskipun Chace membuat kerja aplikasi lebih cepat, namun juga bisa membuat internet lebih lambat. Seperti halnya data pada umumnya, Chace juga bisa membuat penyimpanan menjadi lebih penuh dan tentu akan berpengaruh terhadap aplikasi lain dan juga internet. Jika biasanya kalian menggunakan aplikasi Google Chrome untuk browsing, cobalah hapus Chace nya jika dirasa koneksi internet menjadi melambat. Untuk cara menghapusnya klik disini.




Sudah paham? Singkatnya hapus chace aplikasi browsing kalian agar koneksi lebih cepat.




Kita lanjut kepembahasan berikutnya, jangan bosen ya.




3. Internet Lelet karena Sinyal Lemah

internet lelet
Kenapa internet lelet? Ya karena sinyal kalian lemah.



Hahaha mangkanya pindah kekota, becandaa kok. Saya juga didesa, tapi alhamdulillah internet saya lumayan bagus, meskipun 4G nya masih ilang-ilang.




Sinyal lemah seringkali membuat koneksi internet menjadi terhambat dan lelet, karena daya tangkapnya yang sedikit sehingga berdampak pada jaringan internetnya. Biasanya yang tinggal jauh dari tower BTS provider yang akan mengalami low signal.




Terus solusinya apa dong?




Solusinya ya nunggu provider kalian pasang tower dekat rumah.




Lama dong? Ya sudah pasti.




Namun ada beberapa cara sih yang menurut saya bisa membantu, diantaranya kalian pasang saja wifi dirumah kalian, biasanya perbulan cuman Rp400 ribuan saja. Koneksinya juga lebih setabil.




Jika jauh tidak bisa pasang indihome, kalian bisa pasang wifi tiang. Pernah lihat nggak sekolah pasang wifi dengan tiang tinggi?




Itu juga kalian bisa pasang loo, cuman memang harganya lumayan mahal. Untuk routernya saja dan pasang biasanya habis 1.5 jutaan, belum lagi kalian pasang tiangnya. Tapi emang ini menurut saya solusi terbaik, jika daerah kalian susah sinyal.




Solusi lain ganti provider. Bukan endorse atau promosi ya, tapi menurut saya Telkomsel aja yang bisa masuk ke pelosok dan jaringannya paling bagus. Ingat ya saya bukan promosi, namun memang itu realitanya.




Teman saya saja yang tinggalnya dipelosok masih lumayan lancar untuk internetan, ya meskipun hanya sebatas 3G saja, itupun kadang turun ke EDGE.




Saya juga dulu pernah ngalamin waktu 4G belum masuk ke tempat tinggal saya, saya harap rekan semua bisa mengerti dan sabar ya, hahaha.




Kesimpulan

Sampai disini dulu ya pembahasan tentang Kenapa Internet Lelet? Ini Penyebabnya, dan Cara Mengatasinya.



Pada dasarnya koneksi internet yang lelet tetap berinduk ke pusatnya, jadi walaupun jaringan kalian cepat, tinggal diperkotaan. Tapi jika pusat mengalami gangguan ya seluruh wilayah akan kena dampaknya.




Semoga bisa membantu, semua cara diatas sudah saya tes, kecuali pasang WiFi. Maklum dananya kurang banyak. Tapi untuk lainnya sudah saya coba, dan memang lebih baik daripada sebelumnya.




Untuk yang ingin tau cara mempercepat koneksi internet di pc dipembahasan selanjutnya, belum saya post tapi secepatnya ya. Jika bermanfaat bisa kalian share, dan jika ada yang salah silahkan tulis dikolom komentar. Saya akan dengan senang hati menerima dan langsung memperbaikinya.




Terima kasih semoga membantu rekan semuanya.

No comments:

Post a comment

Notes :
- Apabila ada produk atau hal lain yang ingin admin bahas tulis saja dikolom komentar
- Harap Berkomentar Sesuai Dengan Judul Bacaan
- Tidak Diperbolehkan Mempromosikan Barang Atau Berjualan