Media informasi online masa kini yang selalu update dengan konten menarik

Cara Buat Artikel Seo Friendly, Bisa PageOne

Cara Buat Artikel Seo Friendly, Bisa PageOne - Ketika anda membuat sebuah artikel, tentu yang diinginkan adalah bisa mendapatkan pageone, mengapa pageone sangat diinginkan? Karena dengan artikel Anda berada pada posisi pageone maka otomatis blog atau website anda pengunjungnya akan meningkat pesat. Namun tentu saja jika membuat artikel tidaklah bisa sembarang artikel, artikel yang dibuat haruslah memenuhi kaidah yang disyaratkan oleh Google. Salah satunya ialah artikel yang Ramah atau Seo friendly, artikel seperti inilah yang kemungkinan besar akan mendapatkan posisi dipage one mesin pencari.

Apakah artikel harus memenuhi kaidah penulisan yang baik seperti Seo Friendly? Mengapa tidak membuat artikel sebanyak-banyaknya saja? Jawabannya adalah, bisa saja Anda membuat artikel sebanyak mungkin untuk menaikan blog atau website anda. Namun ini tidaklah mudah, artikel yang Seo Friendly lah yang dapat dengan cepat berada diposisi pageone, dan tentu akan mudah membantu blog anda bisa menjadi lebih berkualitas.

Anda bisa saja membuat artikel yang banyak dan tidak Seo Friendly. Namun artikel anda ini akan sangat sulit untuk berada dipage one, sederhananya cara buat artikel Seo Friendly adalah cara termudah atau syarat yang telah ditentukan oleh Google. Google memiliki standar setiap artikel yang akan dipublish, pengurutannya ini dilakukan dengan melihat artikel mana saja yang memiliki kualitas baik. Sehingga jika artikel anda memiliki kualitas kurang bagus akan berada diposisi bawah, dan sulit berada dipage one.

Berikut ini kami memberikan cara tentang pembuatan artikel yang Seo Friendly yang bisa anda simak, mudah-mudahan dengan menulis artikel yang Seo Friendly dapat membuat artikel anda berada diposisi pageone mesin pencari Google.

Cara Buat Artikel SEO
Berikut adalah 17 cara penulisan agar menghasilkan kualitas tulisan yang Seo Friendly, yang dikutip dari Niagahoster.co.id.
  1. Gunakan kata kunci yang kemungkinan besar dicari oleh para pembaca blog anda,
  2. Pastikan artikel yang anda buat menjawab pertanyaan yang sedang dicari pembaca,
  3. Gunakan kata kunci yang sewajarnya,
  4. Artikel yang dibuat haruslah layak baca dan ramah,
  5. Manfaatkan Link Internal dan Eksternal
  6. Perhatikan element penting dalam penulisan Blog,
  7. Optimasi Gambar,
  8. Unggah konten secara rutin dan konsisten,
  9. Gunakan juga sudut pandang yang unik dari lainnya,
  10. Buat struktur artikel agar mudah dipahami,
  11. Pastikan panjang artikel yang ditulis optimal,
  12. Perhatikan bagian pembuka artikel anda,
  13. Manfaatkan juga Heading dan Subheading,
  14. Buat paragraf yang tidak terlalu panjang,
  15. Perhatikan keterkaitan konten,
  16. Tulislah dengan detail,
  17. Yang terakhir, Promosikan artikel anda.
1. Gunakan kata kunci yang kemungkinan besar dicari oleh para pembaca blog anda
Langkah awal sebelum melangkah ke lebih dalam adalah mencari kata kunci artikel yang akan anda buat. Cari kata kunci yang banyak dicari oleh pembaca namun dengan persaingan yang tidak terlalu ketat. Untuk itu anda perlu paham terlebih dahulu siapa saja yang akan membaca blog anda, seperti apa spesifikasi blog yang anda tulis dengan begini anda akan tau sifat pengunjung blog anda.

Blog yang Anda tulis tentu memiliki niche atau jenis konten tertentu. Maka pengunjung yang datang juga memiliki kriteria serta karakter yang berbeda-beda pula.


Seperti contohnya adalah blog Anda membahas tentang kesehatan, maka kemungkinan besar pengunjung yang datang ke blog anda adalah seseorang yang memiliki masalah penyakit tertentu, dan pada umumnya dikunjungi oleh para orang tua yang sudah banyak memiliki keluhan.

Contohnya lagi anda menulis tentang niche pendidikan, pastinya yang datang keblog anda adalah kebanyakan pelajar atau mahasiswa yang sedang mencari jawaban tentang pelajaran mereka masing-masing. Sifat para pelajar inilah yang mengharuskan anda membuat artikel yang ramah dibaca oleh mereka, seperti tidak perlu yang berbelit-belit dan langsung ke inti masalah yang sedang dibahas.

Inilah yang harus anda perhatikan, selain karakter pembacanya tentu anda akan tau kata kunci yang sering digunakan. Seperti halnya tentang niche kesehatan, kata kunci yang paling banyak dicari seperti, cara menyembuhkan, cara mengatasi, makanan yang sehat, atau pertanyaan kesehatan lainnya. Sedangkan untuk niche pendidikan kata kunci yang banyak dicari biasanya, jelaskan pengertian, apa itu pendidikan, dan masih banyak lagi.

Sesuaikan kata kunci yang anda gunakan di artikel anda dengan kata kunci yang banyak dicari pengunjung blog anda tadi. Jika kata kunci anda salah maka bisa dipastikan artikel anda akan sulit dibaca oleh target yang sudah anda tentukan tadi.

Bagaimana cara menentukan kata kunci yang baik dan benar serta mudah untuk dicari para pembaca? Anda dapat memanfaatkan beberapa cara dibawah ini untuk semakin mempermudah pencarian kata kunci anda:
  •      Pastikan kata kunci yang akan anda gunakan memiliki volume pencarian yang cukup banyak, namun memiliki persaingan yang lebih sedikit. Anda dapat menggunakan Tool Ubbersugest untuk membantu pencarian kata kunci anda.
  •      Anda harus mengetahui apa yang diinginkan pencari terkait kata kunci yang anda gunakan.
  •      Anda juga perlu memperhatikan tentang sumber data terkait artikel yang akan anda buat. Misalnya tentang pengertian suatu artikel, anda bisa mencarinya di Wikipedia.org dengan catatan mencantumkan sumbernya. Contohnya, dikutip dari Wikipedia.org pengertian konten anda adalah bla bla.
2. Pastikan artikel yang anda buat menjawab pertanyaan yang sedang dicari pembaca
Dalam membuat artikel tujuannya adalah pembaca puas dengan apa yang anda tulis, dan mereka telah menemukan jawabannya setelah membaca artikel anda. Ini penting dan menjadi salah satu bagian cara menulis artikel yang Seo Friendly. Google sendiri memiliki penghitungan khusus, jika pembaca puas dengan artikel anda. Salah satunya ia akan berlama-lama membaca artikel anda, bahkan hingga selesai. Dan Google akan mengakumulasikannya ini adalah artikel yang SEO dan bisa dijadikan Pageone.

Semakin lama pembaca diartikel anda, akan semakin baik pula kualitas konten yang sudah anda buat. Buatlah konten yang lengkap dan detail jangan lupa harus menjawab pertanyaan dari pembaca.

Jangan sampai melenceng dari pembahasan artikel yang anda buat, misalnya saja judul yang anda buat mengenai “Jelaskan Pengertian Internet”, anda justru membuat artikel yang tidak nyambung dengan kata kunci serta judulnya, bukannya membahas pengertian internet anda malah membuat artikel yang isinya sejarah internet, kecepatan internet di dunia dan lain-lain. Meskipun masih membahas seputar internet, namun pembaca tidak akan menemukan apa yang sedang dicarinya di artikel anda. Karena yang dicarinya adalah pengertian Internet bukan yang lain.

Jika artikel anda bisa memenuhi kriteria pembaca, seperti pembaca berlama-lama diblog anda dan penasaran artikel lainnya, Google akan memberikan point lebih terhadap blog atau website anda.

3. Gunakan kata kunci yang sewajarnya
Kata kunci sangatlah penting untuk bisa mendapatkan ranking di page one mesin pencari, namun bukan berarti anda dapat menggunakannya secara berulang-ulang. Meskipun kata kunci merupakan hal penting terkait cara buat artikel SEO, namun penggunaan kata kunci yang berlebihan justru akan menurunkan kualitas konten yang anda tulis.
Seperti ini contoh kata kunci berulang yang tidak baik untuk artikel yang anda tulis. Kami menggunakan kata kunci “cara membuat blog”.

Cara membuat blog secara mudah, cara membuat blog ini bisa anda ikuti sampai habis. Jangan sampai anda salah bagaimana cara membuat blog, karena jika anda salah dalam cara membuat blog nantinya blog anda akan sulit ditemukan. Untuk itu mari simak cara membuat blog berikut ini.”

Bisa anda lihat dalam satu paragraph saja terdapat lima kata kunci “cara membuat blog”, justru terlihat lebih aneh bukan jika terlalu banyak kata kunci yang ditulis. Untuk itu buatlah kata kunci yang tepat dalam artikel anda namun jangan berlebihan. Penempatan kata kunci yang tepat ialah diawal judul blog, di pembukaan, di isi artikel anda, dan dikesimpulan. Untuk kata kunci pada bagian kesimpulan, jangan menjadi patokan.

4. Artikel yang dibuat haruslah layak baca dan ramah
Perlu diingat dalam menulis artikel anda harus menggunakan bahasa yang layak baca dan masuk akal. Artikel yang anda tulis haruslah sesuai dengan kaidah penulis yang berlaku, baik blog pribadi maupun web perusahaan besar. Jika memang anda kurang pandai dalam hal kaidah penulisan, ada baiknya anda menggunakan editor yang memang tau betul tentang karya tulisan anda. Namun jika memang anda tidak mempunyai biaya untuk membayar editor, karena baru pertama kali membuat blog anda bisa melakukan dengan cara lain.

“Caranya adalah, baca kembali dari awal hingga akhir tulisan anda tadi, memang terlihat lama namun inilah caranya agar anda tau dibagian mana tulisan anda kurang enak dibaca. Dibaca ulang juga memiliki tujuan lain yakni menghindari Typo teks atau kesalahan pengetikan tulisan anda. Cara ini merupakan langkah terbaik selain menggunakan jasa editor.”

Selain itu anda juga bisa meminta bantuan teman atau lainnya untuk membaca kembali tulisan anda dan menanyakan apakah ada yang tidak nyaman ketika dibaca.

5. Manfaatkan Link Internal dan Eksternal

Artikel yang dipublish ke online terkadang diperlukan untuk menggunakan link. Fungsi dari Link ini sendiri adalah memberikan penjelasan lebih lanjut kepada pembaca. Link nya sendiri bisa berupa link internal dan eksternal. Fungsi dari link internal adalah membuat pembaca untuk mengetahui info lain diblog anda. Sedangkan link eksternal biasanya digunakan ketika anda menulis artikel yang mengambil data dari sumber lain, fungsinya sendiri adalah agar sipembaca semakin yakin informasi yang anda tulis berasal dari sumber terpercaya.
Contoh Link Internal :Ingin Menghasilkan Uang, Inilah Cara Buat Blog Gratisan Mudah 2020

6. Perhatikan element penting dalam penulisan Blog

Untuk anda yang masih pemula pastinya mengira bahwa komponen dalam blog hanyalah, judul, isi dan paragraf saja. Namun kenyataannya tidak seperti itu, dalam blog komponen URL juga menjadi peran penting dalam blog.

Jika anda ingin artikel yang anda tulis bisa muncul dipage one, maka yang harus anda perhatikan adalah komponen penting diatas.


Masih bingung sperti apa contoh URL yang menjadi peran penting dalam sebuah blog, mari kita simak bersama-sama.

https://www.mesujitekno.com/2020/04/cara-buat-artikel-yang-seo-friendly-mudah-dan-cepat.html, bisa anda lihat URL tersebut terlalu panjang bukan untuk ditampilkan.
Coba kita buat lebih singkat, https://www.mesujitekno.com/2020/04/cara-buat-artikel-yang-seo-friendly.html, terlihat lebih rapi bukan. URL diatas terlalu panjang dan tidak enak untuk dibaca. Karena kesan pertama sipembaca juga akan tertuju pada URL yang anda buat.
Setelah itu buatlah judul artikel yang singkat namun menarik minat pembaca untuk mengklik artikel anda. Judul artikel yang dibuat juga harus mengandung kata kunci yang sudah anda tentukan, ada baiknya kata kunci diletakan diawal judul.

7. Optimasi Gambar

Selanjutnya yang harus anda perhatikan ketika membuat artikel adalah, optimasi gambar. Mengapa optimasi gambar penting? Jawabannya adalah, karena ketika anda membuat artikel dan harus menggunakan banyak gambar otomatis untuk membuka artikel anda akan lebih lambat.
Optimasi gambar inilah yang bisa membantu agar blog anda tetap berjalan cepat meskipun menggunakan banyak gambar.

Selain itu ada beberapa langkah. Pertama sebelum anda mengunggah gambar pastikan nama file gambar sesuai dengan konten yang anda tulis. Hal ini untuk memudahkan mesin pencari dalam mengenali artikel yang diunggah melalui gambar anda tersebut.


Kedua optimasi gambar dalam mengurangi size juga sangat perlu, anda dapat menggunakan website online untuk mengurangi size gambar anda tanpa mengurangi kualitas sedikitpun.

Beberapa situs yang bisa membantu anda dalam optimasi gambar adalah sebagai berikut:
  • https://compressjpeg.com/
  • https://kraken.io/
  • https://tinypng.com/
8. Unggah konten secara rutin dan konsisten
Menulis artikel juga membutuhkan jadwal, seperti 2 hari sekali anda membuat artikel atau 1 hari 2 artikel yang anda tulis. Ini bertujuan agar pembaca senang dengan artikel yang selalu baru dan berganti-ganti.

Selain itu ketika anda sering menulis, maka blog atau web anda akan terlihat aktif dan memberikan sinyal yang baik kepada mesin pencari. Nantinya mesin pencari akan memberikan point plus dari blog anda karena lebih aktif dari pada blog lainnya.


9. Gunakan juga sudut pandang yang unik dari lainnya

Tips satu ini terbilang berbeda dari biasanya, bukan hanya cerita yang menggunakan sudut pandang. Dalam penulisan artikel juga dibutuhkan apa yang namanya sudut pandang. Anda perlu mencari sudut pandang yang berbeda dari orang lain, karena setiap orang tentu memiliki sudut pandang yang berbeda-beda. Dan jangan lupa tetap andalkan kata kunci dalam menulis artikel.

10. Buat struktur artikel agar mudah dipahami

Sebelum anda mulai menulis ada baiknya anda menentukan susunannya terlebih dahulu.
Secara umum penulisan artikel memiliki 3 struktur, yaitu bagian pembuka, bagian isi artikel, dan kesimpulan.

Artikel yang baik selalu memiliki kesimpulan, ini bertujuan agar nantinya pembaca bisa langsung tertuju pada kesimpulan artikel yang anda tulis. Anda tidak perlu kawatir pembaca akan melewati semua tulisan anda, karena meskipun pembaca langsung tertuju pada kesimpulan tetap saja dibutuhkan pendalaman materi melalui isi artikel anda.


Mengapa kesimpulan selalu dibutuhkan dalam menulis artikel? Jawabannya adalah, karena ketika anda tidak membuat kesimpulan bisa saja si pembaca akan kebingungan apakah pembahasan artikel anda sudah selesai atau belum.


Contoh artikel yang tidak memiliki kesimpulan,


"Tono pergi memancing, ia kemudian mendapatkan sebuah ikan besar." Jika anda tidak menutup cerita ini dengan kesimpulan pastinya pembaca akan bingung, setelah Tono dapat ikan, apa yang dia lakukan? Ini akan muncul dibenak si pembaca.

Contoh artikel yang memiliki kesimpulan,

"Tono pergi memancing, ia kemudian mendapatkan sebuah ikan besar. Setelah itu ia pulang dan memberikan ikannya tersebut kepada ibunya. Dan hari itu semua keluarga Tono memakan ikannya bersama-sama".

Kata yang kami buat tebal itulah yang merupakan bagian kesimpulan, sudah terlihat perbedaanya bukan. Dengan diberikan kesimpulan, pembaca akan mengerti bahwa artikel yang anda buat telah selesai.

11. Pastikan panjang artikel yang ditulis optimal
Panjang sebuah artikel minimal adalah 300 kata, jumlah 300 kata ini bisa dibilang sangat sedikit dan belum terlalu optimal. Untuk penulisan kata para pakar memiliki kriterianya masing-masing tentang berapa banyak kata yang ditulis dalam artikel. Menurut Orbit Media Study, artikel yang baik rata-rata memiliki jumlah 1.142 kata.

Namun tetap panjang kata artikel memiliki kriteria yang berbeda-beda tergantung apa yang ditulis. Jika anda ingin artikel anda mendapatkan page one dalam mesin pencari, menurut CoSchedule artikel setidaknya memiliki 2.500 kata agar optimal.


Bagaimana cara mengetahui jumlah kata dalam artikel yang dibuat? Anda dapat mengetahuinya dengan banyak cara salah satunya menggunakan web penghitung kata id.wordcounter360.com, web tersebut dapat membantu anda. Caranya juga sangat mudah, anda tinggal Copy Paste tulisan anda dikolom yang telah disediakan.


12. Perhatikan bagian pembuka artikel anda

Bagian pembuka dalam artikel sangatlah penting. Mengapa demikian? Jawabannya adalah karena pembaca akan langsung mengetahui gaya penulisan anda hanya dilihat dari bagian pembuka.

Bagian ini juga yang menentukan apakah pembaca akan lanjut membaca artikel anda hingga selesai atau langsung pergi mencari artikel lainnya. Buatlah pembuka yang unik dan membuat penasaran.


Anda harus membuat yakin bahwa artikel yang anda tulislah yang sedang dicari pembaca.


13. Manfaatkan juga Heading dan Subheading

Heading atau bagian utama akan membantu pembaca langsung mengetahui apa yang anda tulis. Kemudahan membaca inilah yang membuat pembaca betah berlama-lama diblog anda. Heading juga membantu mesin pencari menemukan pokok permasalahan yang sedang dicari seseorang.

Contoh heading dan susunannya, sebagai berikut:

Cara membuat artikel > ini adalah bagian headingnya.
1. Buat email terlebih dahulu> ini adalah bagian dari headingnya.

"Cara membuat artikel" adalah komponen utama yang akan dibahas dalam artikel anda, sedangkan subheading "buat email terlebih dahulu" bisa dibilang bagian langkah-langkah atau komponen detailnya dari artikel yang anda buat.


14. Buat paragraf yang tidak terlalu panjang

Salah satu trik agar artikel anda enak untuk dibaca adalah dengan membuat paragraf semenarik mungkin. Menulis artikel online sangat berbeda dengan artikel biasanya, jika artikel biasanya cenderung memiliki isi paragraf yang panjang berbeda dengan artikel online , lebih baik memiliki paragraf yang lebih pendek.

Paragraf yang terlalu panjang justru membuat mata menjadi lelah karena banyaknya tulisan dan menjadi tidak enak untuk dibaca. Tulisalah dengan paragraf yang pas tidak terlalu pendek dan juga panjang. Buat maksimal satu paragraf 5 kalimat saja.


15. Perhatikan keterkaitan konten

Setiap anda menulis perhatikan kata kunci yang anda buat, cara ini juga merupakan trik paling penting untuk membuat artikel yang ramah atau Seo friendly. Buatlah artikel yang saling berkaitan, jika anda membuat tentang blog kesehatan, buat kata kuncinya yang selalu berhubungan dengan kesehatan namun tetap memperhatikan isi dari artikel yang anda buat.

Tingkat keterkaitan konten yang anda buat antar artikel membuat web atau blog anda memiliki point plus dimata mesin pencari Google. Dengan begitu kemungkinan artikel anda bisa pageone akan semakin besar.


16. Tulislah dengan Detail

Membuat artikel bukan hanya menulis saja seperti biasanya, namun untuk bisa berada pada posisi pageone artikel anda haruslah jelas dan detail. Seperti anda membuat artikel tentang "cara membersihkan jerawat", Anda bisa menulisnya secara detail seperti memberikan cara membersihkannya. Setiap cara tersebut anda jabarkan secara detail.

Ini akan membantu pembaca lebih paham tentang apa yang anda buat, dan juga pastinya pembaca artikel anda akan betah berlama-lama. Namun anda harus membedakannya tentang artikel detail dengan artikel yang bertele-tele. Artikel detail ialah artikel yang membahas secara detail konten yang ditulis tanpa diulang-ulang penulisannya, sedangkan artikel bertele-tele ialah artikel yang isinya tidak langsung menuju ke topik yang sedang dibahas.


17. Promosikan Artikel Anda
Langkah yang terakhir ini merupakan langkah instan agar blog anda cepat diekspos banyak orang. Saat ini sudah banyak media pengiklan yang bisa anda gunakan, seperti Facebook, Instagram dan juga Google Ads. Namun untuk anda yang tidak memiliki budget lebih tidak usah memaksakannya.

Karena jika anda sudah menerapkan 16 cara  di atas, artikel anda sudah bagus dan berkualitas, juga ramah atau Seo Friendly.

Ada beberapa kelemahan dengan mengiklankan web anda. Diantaranya, blog anda bisa terkena spam oleh orang-orang yang jail, dan bisa mengakibatkan rangking blog anda menurun.

Kesimpulan
Setelah anda membaca artikel diatas apakah anda sudah paham tentang tata cara penulisan artikel Seo Friendly. Penulisan artikel yang Seo Friendly secara garis besar membutuhkan dua hal penting yakni Ketelitian anda dalam menulis dan juga kepandaian anda dalam mengolah kata-kata serta penyusunan kalimat yang harus benar dan sesuai kaidah terutama oleh Google.

Ketelitian dalam penulisan anda nantinya akan berdampak baik untuk blog atau website anda. Selain itu dalam menulis tentunya anda perlu mengkaji ulang tulisan anda apakah sudah benar atau masih ada beberapa hal yang harus diperbaiki.

Sedangkan kaidah dalam penulisan juga merupakan faktor yang sangat penting. Ingat anda menulis untuk dibaca manusia bukan robot, jadi meskipun anda membuat artikel yang baik dimata mesin  pencari, anda juga perlu memperhatikan kualitas tulisan dimata pembaca artikel anda.

Artikel yang SEO Friendly sangatlah penting untuk dipelajari, meskipun anda masih pemula dalam dunia blog anda tetap harus mencari tau cara penulisan yang baik. Jika pengunjung blog anda meningkat sudah pasti blog anda peringkatnya juga akan meningkat dan semakin diakui oleh Google atau mesin pencari lainnya.

Itulah cara menulis artikel SEO Friendly yang bisa dikatakan mudah. Jika anda suka dengan artikel kami dan bermanfaat anda bisa membagikannya. Dan jika ingin berlangganan anda bisa mensubscribenya langsung

No comments:

Post a comment

Notes :
- Apabila ada produk atau hal lain yang ingin admin bahas tulis saja dikolom komentar
- Harap Berkomentar Sesuai Dengan Judul Bacaan
- Tidak Diperbolehkan Mempromosikan Barang Atau Berjualan