Media informasi online masa kini yang selalu update dengan konten menarik

Perbedaan Sistem Operasi 32 Bit & 64 Bit


Mesujitekno.com - Kalian pasti pernah bukan mendengar istilah sistem operasi windows 32 bit dan 64 bit. Terkadang ketika akan melakukan instalasi windows kalian juga akan ditanya yang 32 bit atau 64 bit.

Namun sebenarnya apasih perbedaan dari kedua sistem tersebut, menurut kalian memang tidak berbeda jauh keduanya. 
Namun taukah kalian bahwa kedua sistem ini memiliki perbedaan cukup banyak mulai dari jenis software ketika akan menginstal, kecepatan serta kemudahan dalam penggunaannya.

Nah untuk kalian yang masih belum paham, berikut ini pembahasan lengkap tentang kedua sistem tersebut. Nantinya kalian bisa memilih akan menggunakan yang mana ketika menginstal windows.


1. Jumlah RAM yang Dapat Digunakan
Nah perbedaan yang pertama ini adalah perbedaan paling banyak diketahui, jika kalian menggunakan sistem windows 32 bit kalian tidak bisa menggunakan RAM diatas 4GB dan jika 64 bit kalian bisa menggunakan diatas 4GB. Jadi sistem windows 32 bit tidak bisa membaca komputer yang menggunakan RAM diatas 4GB justru sistem ini akan lebih optimal ketika menggunakan RAM 1GB atau 2GB.

Bahkan sistem 32 bit ini tidak sepenuhnya bisa membaca RAM 4GB yakni hanya sekitar 3.2 GB saja. Nah bagaimana jika komputer anda memiliki RAM 8GB dan menginstalnya dengan sistem 32 bit? Tentu saja yang terbaca tetap maksimal 3GB jadi 5GB sisanya tersebut akan mubazir.

Sudah tau kan sekarang? Jadi jika komputermu memiliki RAM diatas 4GB sebaiknya menginstal yang sistem operasi 64 bit saja ya.

2. Performa
Perbedaan kecepatan pada kedua sistem ini tentu cukup signifikan, karena memang sistem 64 bit lebih baru ketimbang pendahulunya 32 bit. Untuk itu sistem 32 bit saat ini sudah mulai ditinggalkan penggunanya karena memang hanya bisa menjalankan progam ringan saja, seperti jika kalian akan menggunakan komputer untuk editing video atau gaming dan lainnya yang membutuhkan RAM besar tentu sistem 64 bit lah yang paling cocok.

Baca juga :
Maka dari itu kebanyakan laptop sekarang sudah tidak menggunakan lagi sistem 32 bit karena sudah dianggap jadul dan tidak kuat untuk menjalankan aplikasi terbaru masa kini.

3. Kemampuan Memproses Data

Untuk perbedaan kecepatan tentu saja kalian sudah bisa menebaknya bukan. Ya 64 bit tentu lebih unggul dari pada sistem operasi 32 bit. Perbedaan arsitektur dalam pembuatan kedua sistem ini juga sudah jauh berbeda. jadi ketika komputer melakukan pemrosesan data sistem 64 bit jauh lebih cepat dari pada 32 bit.

4. Kompatible Software
Perbedaan satu ini juga menjadi point penting yang harus kalian perhatikan. Karena sistem 32 bit tentu tidak bisa menjalankan software berbasis 64 bit. Sedangkan 64 bit bisa menjalankan keduanya yakni 32 bit dan juga 64 bit.

Jadi sistem ini lebih leluasa dan mudah dijalankan ketika menginstal software. Sistem 32 bit juga akan kesulitan dan bahkan tidak bisa lagi menginstal software-software terbaru saat ini karena kebanyakan sudah berjalan disistem 64 bit.

Kesimpulan
Setelah dijabarkan tentu kalian sudah paham bukan. Jika dilihat dari manapun tentu sistem 64 bit lah yang lebih unggul. Namun untuk kalian yang memiliki laptop RAM dibawah 4GB disarankan menggunakan sistem 32 bit karena laptop akan lebih ringan dan cepat.

No comments:

Post a comment

Notes :
- Apabila ada produk atau hal lain yang ingin admin bahas tulis saja dikolom komentar
- Harap Berkomentar Sesuai Dengan Judul Bacaan
- Tidak Diperbolehkan Mempromosikan Barang Atau Berjualan