Media informasi online masa kini yang selalu update dengan konten menarik

Baru Tau! Inilah Perbedaan Beberapa Format Video


Mesujitekno.com - Kalian pasti tau bukan format video itu ada banyak? Kalau kalian sering pakai yang mana nih?

Format video sendiri yang paling banyak digunakan adalah MP4, format satu ini selain mudah digunakan juga mendukung hampir semua pemutar video. Jadi banyak pengguna yang lebih memilih format MP4.

Namun tau nggak kalian, beberapa format ini ternyata memiliki perbedaan lho. Bukan cuman dalam memutar video saja, tapi ada perbedaan yang tentu kalian belum ketahui.

Nah apa saja perbedaan tersebut? Yuk simak penjelasan lengkapnya berikut ini. Jangan ketinggalan ya, nanti nyesel kalian.

1. Format AVI
Pertama kali diperkenalkan pada tahun 1992 oleh microsoft, video AVI adalah tipe yang paling banyak digunakan tahun 90an dan memasuki awal tahun 2000an. Tipe satu ini berisi track audio dan video saja, namun saat ini format AVI sudah sangat jarang digunakan.

Hal ini karena terbatasnya kompresi yang bisa membaca format ini dan memiliki ukuran video yang lebih besar dari rata-rata.

Kalian pasti pernah bukan, melihat file video AVI namun memang ukurannya bisa hampir 10 kali lipat lebih besar dari pada format video lainnya.

2. Format MKV
Format ini dikenal pertama kali pada tahun 2002, format MKV dapat berisi hampir semua jenis codec video dan audio, dan juga bisa berisikan subtitle atau teks yang sering kalian baca difilm-film barat.

Baca juga : Perbedaan RAM DDR3 dan DDR4 pada Komputer

Format ini saat ini masih banyak digunakan, jenisnya sendiri hampir mirip dengan MP4 namun tentu ada perbedaan diukuran dan aplikasi yang memutarnya.

3. Format MP4
Sejak pertama kali diperkenalkan pada tahun 2001, format ini menjadi yang paling umum digunakan. Selain mudah digunakan format MP4 bisa diputar dihampir seluruh aplikasi pemutar video. Selain itu ukuran dari format video ini lebih kecil dari pada yang lain, namun tetap tidak mengubah kualitas videonya.

Untuk itulah format MP4 masih banyak digunakan hingga sekarang, bahkan sepertinya seluruh video menggunakan MP4.

4. Format WMV
Format WMV merupakan format video yang dikemabangkan oleh Microsoft dan juga Windows Media Framework.

Format ini bisa dijalankan oleh Windows Media Player, VLC player dan juga media player classic lainnya. WMV sudah diperkenalkan sejak tahun 1999, dan masih sering digunakan hingga sekarang. Namun tentu tetap kalah dengan kualitas MP4.

5. Format Xvid
Kalian pasti jarang sekali atau bahkan belum pernah mendengar format video satu ini. Xvid sendiri sering disebut sebagai format video MPEG-4, nah mungkin kalian sudah mendengarnya bukan. Format video yang pertama kali diperkenalkan sejak 2001 ini adalah format video yang sering dipakai di film DVD dan juga CD.

Nah itulah perbedaann 5 format video yang harus kalian ketahui. Terima kasih, semoga bermanfaat.

No comments:

Post a comment

Notes :
- Apabila ada produk atau hal lain yang ingin admin bahas tulis saja dikolom komentar
- Harap Berkomentar Sesuai Dengan Judul Bacaan
- Tidak Diperbolehkan Mempromosikan Barang Atau Berjualan