Media informasi online masa kini yang selalu update dengan konten menarik

Apasih Bisnis Itu dan Manfaatnya Untuk Kita Apa?


Anda pasti sering mendengar kata bisnis bukan, namun dalam artian umum anda pasti mengetahuinya. Namun sebenarnya bisnis dalam artian detail itu apasih?

Pengertian Bisnis
Dikutip dari Wikipedia.org, Bisnis adalah kegiatan memperjual belikan barang atau jasa yang bertujuan memperoleh keuntungan. Jadi bisnis bukan hanya dilakukan perusahaan atau pabrik besar saja ya.

Contohnya saja, anda menjual sebuah buku atau pena sajalah, nah ini sudah bisa disebut bisnis. Mengapa demikian? Iya karena anda menjual buku dan pensil tersebut dengan tujuan untuk memperoleh keuntungan. Namun beda lagi jika anda tidak mengambil keuntungan, ini namanya jual capek saja.

Namun apakah semua bisnis bisa mendapatkan keuntungan atau laba? Tentu saja bisa, semua bisnis pastinya akan mendapatkan keuntungan baik dari segi keuangan maupun lainnya. Memang terkadang ada saja orang yang memulai bisnis masih belum bisa memperoleh keuntungan, namun malah kerugian yang didapat.

Nah inilah orang-orang yang belum mengetahui trik bisnis seperti apa, dan terlalu asal-asalan dalam memilih bisnis. Sampai disini apakah anda paham tentang bisnis? Jika belum silahkan simak lagi, dan jika sudah tetaplah menyimak karena anda akan tau manfaat bisnis seperti apa.

Bisnis sendiri memiliki beberapa bentuk kepemilikan, nah inilah yang sering kita lihat sehari-hari. Ada bisnis perseorangan contohnya, anda membuka warung dan andalah juga yang mengatur semuanya baik pengeluaran atau pemasukan.

Yang selanjutnya adalah bisnis persekutuan dimana kedua pihak saling berdiskusi untuk masing-masing bisa mendapatkan keuntungan. Untuk perusahaan besar itu termasuk dalam bisnis perseroan, dimana kepemilikannya dipegang beberapa orang yang diawasi oleh satu orang atau biasa disebut direktur.

Mungkin sampai sini anda sudah paham apa yang dimaksud bisnis itu, terlihat sangat sederhana memang. Karena hanya membeli dan menjual lagi namun dengan mendapatkan untung, namun anda jangan salah. Apabila anda salah dalam mengelola bisnis, bisa-bisa kerugian yang anda dapatkan.

Setelah pengertian bisnis diatas, sekarang kita lanjut ke manfaat bisnis untuk diri kita.

Manfaat Bisnis


Untuk yang sekolahnya mengambil jurusan IPS dan rajin belajar tentang Mapel Ekonomi pasti sudah paham bukan manfaat bisnis, namun untuk yang tidak belajar ekonomi sama sekali bisa menyimaknya berikut ini tentang manfaat bisnis.

Manfaat bisnis bukan hanya untuk menghasilkan uang dan keuntungan, bukan hanya untuk diri pribadi sendiri. Namun juga bermanfaat bagi orang lain, Kok Bisa??

Tentu saja bisa, contohnya saja anda memiliki bisnis pembuat roti dipabrik, tidak mungkin kan anda mengelola dan membuatnya sendirian saja. Pastinya anda membutuhkan jasa orang lain, nah disinilah bisnis anda membantu mereka dengan menyediakan lapangan pekerjaan. Dan mereka mendapatkan upah dari anda yang kemudian akan mereka gunakan sehari-hari.

Nah untuk manfaat bisnis bagi diri sendiri juga ada banyak, mari simak.

1. Bebas Mengatur Waktu

Bayangkan jika anda bekerja dengan orang lain, apakah anda akan bebas ingin cuti begitu saja. Apakah anda diijinkan pulang begitu saja? Nah salah satu manfaat bisnis adalah anda bebas mengatur waktu anda, ya karena andalah pemilik bisnis tersebut jadi anda bebas kapan saja harus bekerja atau libur. Waktu jam kerja anda juga akan lebih flexsibel.

2. Anda Jadi BOS

Manfaat bisnis yang selanjutnya adalah anda bosnya. Sekecil apapun usaha atau bisnis anda, BOSnya tetaplah diri anda. Namun jika bekerja dengan orang lain, setinggi apapun pangkat anda, anda tetaplah bawahannya yang bebas diatur sesukanya. Istilah ini seringkali memotivasi setiap pemiliki bisnis yang masih merintis.

3. Bisa Bekerja Sampingan

Nah satu ini juga sangat bermanfaat, karena waktu kerja yang flexsibel anda bisa dengan mudah mencari pekerjaan sampingan lainnya. Contohnya saja saya sendiri, saya adalah pemilik bisnis konter servis HP.

Ya meskipun masih kecil namun tetap saja saya bosnya, karena saya bekerja jika hanya ada yang servis saja, tentu ketika tidak ada pelanggan saya menganggur bukan. Nah daripada menganggur, lebih baik saya menulis dan kemudian mendapatkan upah. Loh kan itu anda jadi pegawai dong? Iya memang benar, namun penulis disini sesuka hati saya, saya nulis mendapatkan bayaran, jika tidak ya tidak masalah dan tidak dapat bayaran.

4. Masa depan jauh lebih baik

Kelebihan lainnya seorang pemilik bisnis adalah masa depan yang jauh lebih baik? Semakin gigih anda menjalani bisnis anda maka akan semakin besar pula peluang anda sukses, namun anda tetap harus berhati-hati dalam berbisnis. Karena jika salah langkah anda akan kehilangan semuanya. Tetapi anda tak perlu takut dalam memulai bisnis, semua pasti ada pasang surutnya.

Kesimpulan
Jadi kesimpulannya adalah, bisnis merupakan kegiatan yang bisa mendatangkan banyak manfaat hanya dengan menjual barang dengan memperoleh keuntungan. Bisnis juga bisa membuat kehidupan anda lebih baik, dengan catatan anda harus gigih dan bersungguh-sungguh dalam berbisnis, jika hanya coba-coba sudah bisa dipastikan susah untuk berhasil.

No comments:

Post a comment

Notes :
- Apabila ada produk atau hal lain yang ingin admin bahas tulis saja dikolom komentar
- Harap Berkomentar Sesuai Dengan Judul Bacaan
- Tidak Diperbolehkan Mempromosikan Barang Atau Berjualan