Media informasi online masa kini yang selalu update dengan konten menarik

8 Software Animasi 3D untuk Pemula

Mesujitekno.com - Saat ini sudah banyak sekali software yang bisa digunakan untuk membuat sebuah animasi, baik 2D atau 3D biasanya dibutuhkan keahlian khusus agar bisa menghasilkan animasi yang bagus. Sekarang sudah banyak sekali bermunculan sekolah animasi dan lomba-lomba sebagai animator terbaik, dan tentu hadiah yang ditawarkan begitu besar.

Bagi kalian yang baru saja ingin mulai membuat animasi 3D khususnya, saat ini sudah banyak software yang bisa kamu gunakan terutama untuk pemula. Perangkat lunak untuk membuat desain 3D ini ada yang berbayar dan gratis, tentu untuk versi gratis tak sebaik yang berbayar.

Salah dalam memilih software desain 3D tentu akan berpengaruh pada hasil yang telah kalian buat. Hal ini juga bisa mempengaruhi kemampuan dari sang desainernya sendiri. Namun, kamu jangan khawatir. Admin akan memberikan 8 rekomendasi software pembuat animasi 3D yang cocok untuk pemula. Berikut ini selengkapnya.

1. Autodesk Maya


Autodesk Maya adalah software pertama yang admin rekomendasikan untuk pemula dalam membuat animasi tiga dimensi. Terdapat banya fitur lengkap yang bisa kalian gunakan ketika membuat animasi. Meskipun termasuk dalam software berbayar Autodesk Maya tentu menawarikan hasil yang maksimal ya geng. Fitur Motion Grapich yang canggih bisa membantu kamu dalam membangun obyek yang lebih kompleks, geng. Nah bagi kamu yang ingin mencobanya versi gratis bisa klik link ini ya geng.

Autodesk Maya jugalah software yang biasa digunakan oleh animator-animator terkenal geng. Seperti pembuatan animasi Hollywood, mereka juga turut menyertakan software satu ini.

2. Blender


Blender merupakan aplikasi dari open sourch paling terkenal di dunia. Aplikasi grafik yang satu ini meskipun termasuk dalam software yang gratis, kualitasnya tidak kalah dengan banyak aplikasi lainnya yang berbayar. 

Software ini sangat cocok untuk kalangan pemula dan juga profesional yang bisa digunakan untuk membuat animasi 2 dimensi dan juga 3 dimensi. Namun software ini sedikit susah untuk digunakan. Nah video diatas salah satu contoh hasilnya ya geng, bagus bukan.

3. Cinema 4D


Software Cinema 4D menurut admin paling direkomendasikan ya geng. Mengapa demikian? Karena cinema ini tidak serumit software lainnya. Software ini juga lebih ringan jadi tak membutuhkan komputer dengan high spec. Meskipun begitu hasil rendering yang dihasilkan juga sangat mulus dan lebih nyata. Aplikasi ini memang cocok bagi pemula, tertarik mencobanya geng?

4.  Autodesk Mudbox


Tak berbeda dari kebanyakan software pembuat animasi 3D, Autodesk Mudbox juga memiliki fitur yang lengkap. Dan sangat cocok untuk memenuhi kebutuhan kalian dalam menghasilkan gambar animasi yang sesuai dengan keinginan kamu.

Baca Juga:


Hasilnya juga tidak kalah dengan software lainnya, terlebih lagi bagi kamu yang masih pemula. Coba saja geng, jika tidak percaya.

5. Zbrush




Kegunaan Zbrush sendiri hampir mirip dengan Autodesk Mudbox yaitu untuk membuat model 3 dimensi, pahat serta membuat texture. Selain itu kamu dimungkinkan untuk mengekspor model 3D dari aplikasi lainnya sehingga memberikan tulang dengan teknik rigging serta menggerakannya. Terdapat banyak sekali fasilitas dan fitur lengkap yang bisa kamu andalkan dari aplikasi satu ini.

6. Posser


Posser sebenarnya sedikit berbeda dari beberapa software animasi 3D yang ada, dimana Posser termasuk perangkat lunak 3D yang dapat dimanfaatkan untuk modelling karakter manusia. Untuk hasilnya kamu bisa mencarinya diyoutube agar lebih yakin akan performa software satu ini. Menurut admin software satu ini cocok untuk kamu gunakan belajar dalam membuat gambar animasi tiga dimensi.

7. 3D Slash


Apakah kalian pernah mendengar aplikasi satu ini? Aplikasi ini memiliki segudang fitur menarik yang bisa digunakan dalam pembuatan animasi 3D. Software 3D Slash ini diklaim paling mudah dalam permodelan animasi 3D. Selain antar mukanya yang unik, kamu juga akan diberikan pengalaman yang intuitif.

8. Bforartist


Software pembuat animasi 3D terakhir yang mesujitekno.com rekomendasikan adalah Bforartist. Aplikasi ini mampu menjadi solusi yang bpraktis bagi kamu yang ingin belajar membuat animasi 3D. Sudah banyak animasi bagus yang dihasilkan dari software satu ini. 

Itulah 8 software pembuat animasi 3D terbaik yang harus kalian coba, dalam membuat animasi 3D tidaklah mudah dan butuh kesabaran. Jadi ketika kamu gagal dalam percobaan pertama itu wajar. Cobalah untuk mencari solusi dari kesalahan tersebut. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a comment

Notes :
- Apabila ada produk atau hal lain yang ingin admin bahas tulis saja dikolom komentar
- Harap Berkomentar Sesuai Dengan Judul Bacaan
- Tidak Diperbolehkan Mempromosikan Barang Atau Berjualan