Media informasi online masa kini yang selalu update dengan konten menarik

Tips Belanja Online Nyaman serta Aman di E-Commerce



Di jaman sekarang ini hampir semua kegiatan sudah sangat dipermudah dan simpel. Salah satunya ialah dalam berbelanja, kegiatan ini menjadi hal yang tidak bisa dihilangkan dari seorang manusia. Jika dulu terkadang seminggu sekali pergi kepasar untuk membeli beberapa keperluan saat ini kamubisa melakukan perbelanjaan dari rumah saja bahkan setiap hari.

Contohnya ialah, saat ini kamu sudah  dipermudah dengan belanja via online yang hanya tinggal memilih barang lalu mengkliknya saja, dan anda tinggal menunggu pesanannya sampai dirumah. Namun taukah anda? Berbelanja online juga memerlukan tips dan trik yang sangat penting lo!

Mengapa demikian? Karena sudah sangat banyak kejahatan digital, seperti halnya membuat akun fake atau akun palsu yang kemudian menipu pembeli.

Dikutip dari mas malven.com, admin memberikan 8 tips untuk diikuti.

Untuk itu, anda wajib menyimak 8 tips berbelanja online agar nyaman dan aman berikut ini.

1. Cek Reputasi Toko

Sebelum membuat akun, pilih e-commerce atau online store yang menurutmu bagus. Selanjutnya, kamu harus mengisi data pribadi dengan teliti, seperti nama lengkap, nomor ponsel, bank, dan alamat pengiriman.

Setelah itu, kamu harus teliti saat memilih produk. Seperti anda bisa mengecek tentang penilaian orang-orang yang sudah membelinya.
Apabila banyak yang berkomentar negatif atau tidak memiliki penilaian satupun lebih baik kamu skip dan mencari toko lain.

2. Pelajari Kebijakan E-Commerce

Baca dengan teliti kebijakan dari beberapa e-commerce, dan jangan sampai ada poin yang bisa merugikanmu.

Selain itu, Anda juga bisa membaca kebijakan tentang pengembalian barang. Karena barang yang di display tidak bisa dilihat secara fisik.

Pastinya, di kebijakan yang tertera tulisan yang berkaitan dengan garansi jika barang tidak sesuai dengan foto produk. Misalnya, barang rusak, cacat, atau ukurannya beda dan semacamnya.

Jika membeli barang yang tidak ada garansi lebih baik skip dan pindah ketoko lain.

3. Menunggu Promo Diskon

Bagi yang suka berbelanja online pastinya akan menunggu promo diskon besar-besar kan. Apalagi untuk seorang yang suka fashion atau ibu-ibu rempong. hehehe

Biasanya promo ini ada pada Hari Raya seperti Idul Fitri, Imlek, Natal dan semacamnya. Promonya ada yang Beli 1 Gratis 1, Free Ongkir, dan Cashback.

Sebelum Anda membeli produk pastikan untuk mencari tahu tanggal-tanggalnya. Termasuk tanggal cantik seperti 10.10, 11.11 sale, dan Harbolnas 12.12.

Toko online seperti ini umumnya akan mendapatkan pelanggan yang banyak dan pasti overload, untuk itu anda harus bersabar ketika membelinya pada waktu promo besar seperti ini.

4. Mengikuti Akun Media Sosial E-Commerce

Kamu bisa mendapatkan update promo yang sedang berlangsung atau yang akan hadir. Kamu bisa ikuti akun media sosialnya.

Banyak promo yang diadakan, salah satunya yang ditunggu adalah Giveaway ini.

5. Gunakan Kode Voucher

Ketika anda sudah sering atau pertama kali belanja online pastinya anda akan mendapatkan voucher.

Seperti voucher potongan harga, dan juga voucher gratis ongkos kirim ke kota anda.

Baca juga:


Jangan sampai anda menyia-nyiakannya, karena biasanya voucher akan hangus dalam beberapa minggu atau hari.

Selalu cek ketersediaan voucher anda melalui menu notifikasi setiap apliksi e-commerce.

6. Simpan Bukti Transaksi

Karena belanja online pembayarannya adalah secara digital atau trasfer, anda jangan lupa untuk menyimpan struk bukti pembayaran atau transaksi.

Hal ini dilakukan untuk mencegah hal yang tidak diinginkan, seperti kesalahan sistem atau penjual mencoba mengelak ketika anda sudah membayarnya.

Itulah 6 tips berbelanja online, meskipun semua sudah serba mudah dengan adanya E-commerce ini. Anda harus tetap berhati-hati dalam melakukan transaksi. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a comment

Notes :
- Apabila ada produk atau hal lain yang ingin admin bahas tulis saja dikolom komentar
- Harap Berkomentar Sesuai Dengan Judul Bacaan
- Tidak Diperbolehkan Mempromosikan Barang Atau Berjualan