Media informasi online masa kini yang selalu update dengan konten menarik

7 Ciri-ciri Mobil Matic Bermasalah yang Perlu Kamu Ketahui


MesujiTekno - Dijaman sekarang perkembangan mobil matic sangat diidamkan oleh para pengemudi. Hal ini dikarenakan cara mengendarai mobil matic lebih mudah ketimbang mobil manual. Mengapa demikian? tentu jawaban yang paling masuk akal adalah karena adanya sistem trasmisi otomatis yang digunakan, sehingga kamu tak perlu susah untuk mengatur kopling ketika macet atau melakukan perpindahan gigi.

Namun dengan kemudahan yang ada pada mobil matic tidak lepas dari berbagai masalah, bahkan para montir pun mengatakan jika mobil matic membutuhkan perawatan yang lebih ekstra ketimbang manual.

Khususnya pada bagian trasmisi, untuk mengetahui setiap permasalahan pada mobil matic anda perlu mengetahui ciri-ciri kerusakan sebelum dibawa kebengkel.

Nah apa saja ciri-ciri jika mobil matic bermasalah? Kamu bisa menyimaknya berikut ini.

1. Indikator Check Engine Menyala



Hampir semua mobil saat ini dilengkapi dengan indikator mesin baik trasmisi manual maupun matic. Lampu ini sendiri akan menyala ketika posisi kunci on dan akan meredup ketika mesin mobil dinyalakan.

Nah jika kamu sudah menyalakan mesin dan lampu indikator tetap menyala itu berarti ada masalah dengan mesin mobil maticmu.

Untuk mengetahui lebih jelas dibagian mana mesin bermasalah kamu bisa melakukan tune up dibengkel atau jika sudah mengetahuinya memang ada masalah pada mobilmu, kamu bisa langsung mengeceknya kebengkel kepercayaanmu.

2. Hentakan Pada Saat Pindah Gigi



Umumnya, trasmisi mobil matic memang terasa lebih kasar dari pada manual. Namun, jika terjadi hentakan seperti ada tabrakan pada kompone maka hal ini sudah diluar kewajaran.

Ada indikasi oli trasmisi tidak melumasi dengan baik. Bisa jadi karena tersumbat dan karena aus. Segera perikas kebengkel agar masalah tidak semakin merembet dan serius.

3. Mobil Terasa Bergetar Saat Dikendarai 




Jika mobil terasa bergetar saat dikendarai pada jalan yang rata itu artinya ada masalah pada mesin dan sistem trasmisinya. Hal yang sering terjadi ialah karena kampas kopling yang tidak rata. Sehingga menimbulkan gesekan dan terasa bergetar, jika demikian kampas kopling perlu diganti.

Baca juga


Pengalaman saya pribadi. Saat itu saya membawa mobil teman, dan saat berkendara diatas kecepatan 85km, mobil bergetar tidak seperti pada umumnya. Padahal mobil yang saya kendarai bermesin 1300 cc dan seharusnya mobil dengan mesin ini bisa melaju diatas 120km tanpa getaran yang berlebihan.

4. Suara Trasmisi Brisik di Posisi Netral



Saat mobil berada pada posisi netral tapi terdengar suara ngelitik atau berisik ini artinya ada masalah pada komponen trasmisi. Suara ini disebabkan karena bearing yang sudah aus. Jika demikian perlu dilakukan perbaikan dan pergantian bearing.

Karena jika dibiarkan perpindahan gigi akan terasa kasar dan berisik. Ditambah akan memicu kerusakan komponen mobil lainnya.

5. Adanya Bau Terbakar



Selain sebagai pelumas komponen trasmisi, fungsi oli juga sebagai peredam panas. Jadi jika mencium bau terbakar itu menandakan trasmisi mengalami overheating.

Hal ini bisa dikarenakan aus atau karena oli yang sudah tidak layak dipakai. Untuk masalah ini kamu perlu menambah atau mengganti olinya.

6. Adanya Kebocoran Trasmisi



Ciri yang satu ini paling mudah untuk diidentifikasi karena bisa dilihat dengan jelas. Jika hal ini terjadi maka jangan dibiarkan, cairan atau oli trasmisi memiliki peran penting untuk melumasi setiap gear saat melakukan perpindahan. 

Adanya kebocoran maka akan membuat ruang trasmisi menjadi kering atau aus. Jika terus dibiarkan maka akan terjadi kerusakan pada trasmisi. Selain itu dalam merawat trasmisi mobil matic ketika oli sudah berwarna hitam atau coklat gelap maka tandanya oli sudah harus diganti.

7. Perpindahan Gigi Slip atau Ngelos



Slip atau ngelos merupakan kondisi dimana saat melakukan perpindahan gigi namun tidak mencapainya. Untuk mencobanya kamu bisa memposisikan tuas gigi pada posisi netral kemudian melakukan perpindahan ke gigi satu. Jika slip maka yang terjadi mobil hanya meraung dan tidak bergerak. 

Hal ini juga berlaku saat melakukan perpindahan gigi dari satu ke gigi dua ataupun sebaliknya. Bedanya mobil tetap bergerak namun tenaga dan kecepatannya tidak berubah sama sekali. 

Pada jalan yang menanjak ciri ini akan terlihat dengan jelas karena bisa jadi mobil tidak kuat menanjak. Meskipun tuas trasmisi sudah diposisi gigi satu dan pedal gas sudah diinjak dalam-dalam.

Itulah ciri-ciri mobil matic bermasalah, apabila kamu mengalami salah satu ciri di atas segeralah untuk memeriksa kebengkel agar tidak terjadi kerusakan yang lebih serius.

No comments:

Post a comment

Notes :
- Apabila ada produk atau hal lain yang ingin admin bahas tulis saja dikolom komentar
- Harap Berkomentar Sesuai Dengan Judul Bacaan
- Tidak Diperbolehkan Mempromosikan Barang Atau Berjualan