Media informasi online masa kini yang selalu update dengan konten menarik

Ingin Tau Apa itu Bitcoin? Keuntungan dan Resikonya Perlu Kamu Perhatikan!


Para penjelajah dunia maya dan mencari penghasilan melalui internet pasti sudah tidak asing lagi dengan bitcoin. Saat ini penggunaan Bitcoin semakin populer dan membuat harganya mengalami kenaikan tajam yakni per Januari 2020 sekitar Rp.118 juta per koinnya.

Sebelum kamu memanfaatkannya, ketahui apa itu bitcoin, keuntungan serta resikonya jika kamu menggunakannya.

Mengetahui apa itu bicoin

Bagi para pemula khususnya penjelajah dunia maya yang ingin menekuni bisnis di internet pasti mengetahui popularitas bitcoin. Tetapi kemungkinan beberapa dari mereka sangat minim pengetahuan tentang sistim transaksinya.

Tentu akan ada pertanyaan muncul tentang apa itu bitcoin, keuntungan serta resiko menggunakannya.

Bitcoin merupakan mata uang virtual yang saat ini sudah cukup populer untuk dijadikan transaksi di seluruh dunia. Sistem pembayaran dengan bitcoin umumnya bisa dilakukan secara virtual. Karena sistem perputarannya yang dikendalikan melalui perangkat lunak bersistem terbuka.

Semua orang dapat memanfaatkannya untuk bertransaksi bahkan berinvestasi untuk memperoleh keuntungan tanpa repot meminta izin penggunaan.

Bitcoin sendiri hasilnya memang sangat menjanjikan, terutama jika kamu telah ahli dalam melakukannya, keuntunga besar bisa diperoleh hanya dalam semalam saat harganya meningkat.

Keuntungan dan Resiko

Hasil dan keuntungan yang didapatkan tersebut memang sangat meningkatnan minat mereka untuk menggunakan bitcoin. Selain mudah berbisnis, investasi menggunakan bitcoin memiliki persaingan yang mudah untuk diatasi.

Setelah kamu mengetahui apa itu bitcoin, kamu juga perlu memahami keuntungan dan resiko menggunakan bitcoin.

1. Keuntungan Berinvestasi dengan Bitcoin


Kemudahan sistem Peer to Peer atau P2P

Bisnis atau investasi dengan bitcoin dianggap sebagai sistem yang aman dan mudah untuk dikendalikan. Segala riwayat transaksi bitcoin akan terekam secara detail terverifikasi melalu jaringan. Sistem kriptografi yang ada di dalamnya dicatat ke dalam brankas besar data yang dimiliki oleh public.

Baca juga


Teknologi canggihnya tersebut menggunakan sistem peer to peer karena dilakukan dengan transaksi langsung. Sedangkan teknik penyimpanannya biasa disebut sebagai blockhain. Semua orang memiliki data serta riwayat transaksinya dengan aman.

Keuntungan Besar-besaran

Orang yang pertama kali dapat memanfaatkan bitcoin adalah Hal Finney yang merupakan seorang ilmuwan di bidang komputer. Pembelian bitcoin dilakukan dengan menukar 10 keping yang diberi oleh Nakamoto.

Bahkan dengan bitcoin tersebut beberapa orang dapat menukarnya untuk satu Loyang pizza.

Harga tukarnya yakni 10 ribu koin per pizza. Sedangkan saat kemunculan bitcoin pertama kali di Indonesia, kamu dapat menukarnya dengan harga 451 rupiah perkepingnya. Sistem penukaran tersebut akan menghasilkan untung besar ketika nilai tukarnya naik.

2. Resiko Berinvestasi dengan Bitcoin


Termasuk Transaksi Ilegal di Indonesia

Investasi bitcoin sebenarnya sangat populer hampir di seluruh dunia termasuk Indonesia. Namun, perlu kamu ketahui bahwa hal ini masih tergolong aktivitas ilegal.

Pihak lembaga resmi pemerintah di bidang keuangan seperti BI maupun OJK tidak memberi izin resmi bahwa bitcoin bisa dijadikan sebagai alat tukar.

Karena hal ini dianggap menyalahi aturan sesuai dengan UU No. 7 tahun 2011, karena bitcoin yang tidak terlihat secara fisik.

Potensinya Dapat Memicu Gelembung Ekonomi

Gelembung ekonomi dapat terjadi ketika harga bitcoin meningkat dan fungsinya sebagai alat tukar justru semakin tidak seimbang.

Peristiwa ini merupakan hancurnya harga barang karena kenaikan drastis sesuai dengan nilai tukar pada bitcoin. Dan ini bisa menjadi biangnya invlasi suatu negara.

No comments:

Post a comment

Notes :
- Apabila ada produk atau hal lain yang ingin admin bahas tulis saja dikolom komentar
- Harap Berkomentar Sesuai Dengan Judul Bacaan
- Tidak Diperbolehkan Mempromosikan Barang Atau Berjualan