Media informasi online masa kini yang selalu update dengan konten menarik

9 Penyebab Kaki Kram dan Cara Menanganinya


Mesujitekno - Kaki kram sangat mengganggu dan sakit ketika digerakan, penyebabnya sendiri ada bermacam-macam. Kaki kram umumnya disebabkan oleh cidera saat berolahraga, gangguan sirkulasi dara di tungkai atau kaki, kehamilan, dehidrasi, kekurangan asupan mineral seperti air putih dan juga bisa karena suhu dingin.

Kram sendiri bisa terjadi dimana saja. Kram bisa berlangsung beberapa detik bahkan hingga beberapa menit dan umum terjadi pada kaki. Kram kaki dimalam hari sering kali mengenai otot betis dan biasanya terjadi ketika anda baru saja tidur atau bangun.

Penyebab Kram Kaki

Pada umumnya, kesemutan atau kram pada kaki sering muncul saat Anda tidur atau duduk dalam satu posisi yang terlalu lama. Kebanyakan orang memilih untuk menggerakkan kaki atau memijat kaki untuk menghilangkannya.

Guna mengetahui lebih jauh apa saja yang menjadi penyebab kaki kram, berikut adalah ulasannya:

1. Tekanan saraf

Tekanan pada saraf tulang belakang bisa membuat kaki menjadi kram dan terasa amat nyeri, yang bisa memburuk makin lama anda berjalan. Berjalan dengan posisi sedikit membungkuk ke depan biasanya dapat meredakan nyeri.

2. Suplai darah yang tidak memadai

Penyempitan pembuluh darah yang mengalirkan darah ke kaki Anda dapat menimbulkan nyeri, misalnya kram di kaki saat Anda sedang berolahraga. Kram ini biasanya hilang dengan cepat setelah Anda beristirahat.

3. Kehamilan

Kondisi kram sudah biasa terjadi pada ibu hamil, terutama saat bulan-bulan terakhir kehamilan. Kemungkinan hal ini terjadi oleh karena kekurangan kalium dan magnesium, atau karena aliran darah ke kaki yang kurang lancar.

Baca Juga

4. Cedera

Mengalami cedera atau menggunakan otot secara berlebihan juga bisa menyebabkan kram kaki. Terlalu lama duduk, berdiri terlalu lama di atas permukaan yang keras, atau meletakkan kaki pada posisi yang tidak nyaman selama tidur juga dapat membuat otot kaki menegang atau kram. Kurang pemanasan sebelum berolahraga juga sering menyebabkan kaki kram.

5. Kekurangan Mineral

Kekurangan mineral, seperti kalium, kalsium dan megnesium dapat juga menyebabkan kaki kram.

6. Infeksi

Infeksi (tetanus) dapat menyebabkan peradangan pembuluh darah dan memicu pembentukan jaringan parut di pembuluh darah, mengganggu sirkulasi darah, menyebabkan kesemutan dan menjadi penyebab kaki kram pada otot-otot ekstremitas bawah.

7. Dehidrasi

Penyebab kaki kram yang sering kali tidak disadari adalah kurang asupan cairan tubuh. Apabila Anda mengalami dehidrasi berat, hal itu bisa menyebabkan gangguan elektrolit yang kemudian menjadi penyebab kaki sering kram dan kesemutan.

8. Kelelahan

Jika Anda terlalu lelah dalam melakukan aktivitas tertentu, hal itu bisa menjadi penyebab kram kaki. Sepak bola, angkat beban dan aktivitas yang melibat banyak lari adalah contoh olahraga yang bisa menjadi penyebab kaki kram.

Kaki kram bisa semakin parah apabila Anda melakukan aktivitas tersebut saat cuaca panas, karena hal itu bisa dibarengi dengan meningkatnya risiko dehidrasi.

9. Posisi tubuh yang kurang tepat

Perlu Anda ketahui, lenturnya otot ditentukan oleh keseimbangan postur tubuh Anda setiap hari, baik ketika berdiri, duduk atau berbaring. Apabila Anda terbiasa berdiri lama, namun tiba-tiba Anda diharuskan duduk lama, atau kondisi sebaliknya–hal itu bisa menjadi penyebab kaki kram.

Cara Menanganinya

Setelah anda mengetahui penyebab kaki kram, selanjutnya anda harus tau bagaimana cara penanganan dan pencegahan kaki kram, berikut ini penjelasannya.

1. Minum 8 gelas air putih setiap hari

Selain mencegah terjadinya dehidrasi, memenuhi asupan cairan tubuh juga bisa mengurangi kemungkinan ketidakseimbangan elektrolit dalam tubuh. Jumlah cairan yang cukup di dalam tubuh harus dijaga, baik sebelum maupun sesudah beraktivitas berat atau berolahraga.

2. Kompres

Kompres atau mandi dengan air panas bisa membantu mangatasi kram. Namun, cara ini tidak dianjurkan bagi penderita diabetes atau cedera saraf tulang belakang. Selain itu, mengombinasikan kompres hangat dengan kompres dingin juga dapat membantu meringankan kaki kram.

3. Konsumsi makanan kaya magnesium

Konsumsilah makanan seperti kacang-kacangan dan biji-bijian, yang kaya akan magnesium, bila Anda sering mengalami kram kaki yang tidak terkait dengan kondisi kesehatan lainnya. Bila perlu, Anda bisa mengonsumsi suplemen magnesium.

Namun untuk ibu hamil, sebaiknya berkonsultasi dahulu dengan dokter apabila ingin mengonsumsi suplemen ini.

4. Pijat

Memijat bagian otot yang menegang bisa membantu meredakan kram. Namun, jangan memijat kaki kram terlalu kencang karena dapat memengaruhi kelancaran aliran darah.

Untuk mencegah kram datang lagi, cobalah untuk sesekali melakukan pijatan pada bagian tubuh yang sering kram, melakukan pemanasan sebelum berolahraga, mencukupi kebutuhan air putih dan mineral seperti kalsium, magnesium, dan lainnya.

Selain itu, pakailah alas kaki yang layak dan nyaman untuk bergerak. Jika keluhan kaki kram sering muncul tanpa diketahui pasti penyebabnya, sebaiknya Anda berkonsultasi ke dokter. Sekian semoga lekas sembuh.

No comments:

Post a comment

Notes :
- Apabila ada produk atau hal lain yang ingin admin bahas tulis saja dikolom komentar
- Harap Berkomentar Sesuai Dengan Judul Bacaan
- Tidak Diperbolehkan Mempromosikan Barang Atau Berjualan