Recent Posts

    Hal Sepele yang Bisa Sebabkan Laptop Cepat Rusak

    Laptop merupakan kebutuhan yang sangat penting saat ini, semua hampir bisa dilakukan dengan laptop.  Selain lebih ringkas dibandingkan dengan PC, laptop juga mudah untuk dibawa kemanapun. Namun perangkat laptop biasanya lebih rentan rusak ketimbang PC karena komponen didalam laptop bisa dibilang pemangkasan dari PC, tidak semua laptop mudah rusak laptop dengan harga yang mahal seperti untuk gaminglah yang lebih mudah. Namun untuk membelinya dibutuhkan budget yang lumayan besar. Laptop yang tidak dijaga akan lebih cepat rusak, untuk itu sobat harus hati-hati dalam menggunakannya agar lebih awet ketimbang biasanya.

    Inilah beberapa hal sepele yang sering dilakukan hampir semua pengguna laptop yang mengakibatkan perangkatnya cepat rusak.

    1. Tergesa-gesa dalam membuka atau menutup layar laptop

    Engsel dari laptop tak sekuat engsel pintu, jadi jangan samakan ketika membuka pintu dengan laptop. Kebiasaan sepele ini dapat menyebabkan flexible lcd laptop mudah putus dan mengakibatkan layar laptop padam. Banyak orang yang menganggap hal ini sudah menjadi hal yang biasa, padahal kebiasaan inilah yang sangat buruk. Bayangkan saja hampir setiap hari bahkan setiap jam sobat membuka menutup layar dengan tergesa-gesa, maka yang terjadi engsel laptop juga bisa patah.

    2. Menutup layar ketika lampu indikator belum mati sepenuhnya

    Ketika sobat mematikan laptop, otomatis semua kinerja sistem dan hardware akan berhenti beroperasi dan tentu membutuhkan waktu tidak langsung berhenti seketika. Dan saat proses ini lampu indikator sementara masih menyala beberapa detik padahal layar sudah mati sepenuhnya disaat itu pula sobat langsung menutupnya padahal lampu indikator masih ada yang menyala. Hal ini memang terlihat sepele namun saat sobat menutup layar laptop tiba-tiba, perangkat akan merespon dalam mode sleep atau mode tidur dan yang berarti prosesor akan kebingungan mana yang akan diproses terlebih dahulu. Inilah yang membuat laptop sobat cepat mengalami kerusakan.

    Baca Juga:

    3. Memainkan laptop diatas kasur atau benda dengan permukaan yang tidak rata seperti kain

    Saat sobat bermain laptop di atas kasur, seperti yang diketahui kebanyakan lubang ventilasi udara laptop berada dibagian bawah, maka akan membuat sirkulasi udara laptop tidak lancar dan mengakibatkan laptop menjadi overheat. Seandainya dihidupkan diatas kasur empuk pasti kaki-kaki penyangga laptop tidak cukup membuat perputaran dikolong laptop menjadi lega. Tak hanya itu Hardisk juga akan tergunjang karena posisi laptop tidak stabil, seperti kita ketahui bahwa Hardisk terbuat dari piringan cakram yang berarti akan bergesekan apabila tidak stabil.

    4. Jarang atau tidak pernah sama sekali mengganti thermalpaste pada prosesor

    Thermalpaste sangat penting menjaga prosesor komputer maupun laptop agar suhunya tetap stabil, apabila sobat tidak bisa melakukannya sendiri bawalah ketempat servis dan mintalah untuk mengganti thermalpaste. Prosesor laptop suhunya akan meningkat jika digunakan dan tanpa thermalpaste dan yang pasti dipakai dua hari saja akan langsung rusak. Thermalpaste yang sudah terlalu lama akan membeku dan sudah tidak optimal lagi fungsinya, untuk itu sering-seringlah menggantinya jika ingin laptop sobat tetap awet.

    Itulah beberapa hal sepele yang mengakibatkan laptop cepat rusak, setelah membaca artikel ini lebih sayanglah kepada laptop sobat.


    0 Response to "Hal Sepele yang Bisa Sebabkan Laptop Cepat Rusak"

    Post a Comment

    Notes :
    - Apabila ada produk atau hal lain yang ingin admin bahas tulis saja dikolom komentar
    - Harap Berkomentar Sesuai Dengan Judul Bacaan
    - Tidak Diperbolehkan Mempromosikan Barang Atau Berjualan

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel