Tuesday, 5 November 2019

Apple di Kabarkan Rilis Ponsel 5G Tahun 2020

Tags


Ketika pabrikan ponsel android sudah mulai merambah dalam jaringan 5G, Apple nampaknya masih tertinggal. Apple sendiri dikabarkan meluncurkan Iphone 5G tahun 2020. Menurut laporan Nikkei Asian Review, Apple mulai memobilisasi para pemasik untuk bisa memproduksi 80 juta Iphone 5G untuk 2020.

Dalam catatannya, Ming Chi Kuo menyebutkan pada 2020, ada tiga model iPhone yang akan diluncurkan. iPhone berlayar 6,7 inci, 6,1 inci, dan 5,4 inci. Ketiga model akan memiliki layar OLED, yang lebih berwarna daripada panel LCD. iPhone berlayar 6,1 inci tidak akan menggunakan teknologi 5G.

Untuk chipsetnya sendiri Apple akan memakai modem 5G dari Qualcomm. Kemungkinan besar, mode 5G Qualcomm akan dikombinasikan dengan chip baru Apple. Yaitu chip B14 A14 generasi berikutnya.

Ming Chi Kuo mengatakan dua ponsel yang akan diluncurkan pada 2020 akan menggunakan modem Qualcomm 5G setelah kedua perusahaan menyelesaikan sengketa hukum pada April lalu.

Kini keduanya nampak mesra karena saling membutuhkan. Apple butuh modem 5G dari Qualcomm, dan sebaliknya Qualcomm butuh pembeli modem mereka.

Sedangkan chip modem yang akan digunakan kemungkinan adalah Qualcomm Snapdragon X55. Chip ini modem ini yang jadi andalan beberapa smartphone 5G.

Teknologi 5G menjanjikan kecepatan dalam pemprosesan data yang lebih cepat. Teknologi ini nantinya tidak hanya untuk menelpon, tetapi juga untuk menyediakan koneksi yang lebih baik di semua jenis perangkat. Bahkan teknologi hologram bukan tidak mungkin dapat terwujud dengan teknologi 5G terbaru ini.

Menariknya, Apple dilaporkan sedang membangun teknologi fabrikasi 5 nm untuk chip berikutnya. Yang diprediksi jadi chip 5 nm pertama di dunia.

Dengan memakai fabrikasi 5 nm, chip bisa menampung lebih banyak komponen dibandingkan 7 nm. Juga membuatnya lebih efisien dalam pemakaian daya.

Akankah chip ini akan jadi yang pertama degan 5 nm? Tunggu dulu, ada Huawei yang sedang bersiap menghadirkan chip 5 nm juga.

Sebelumnya, Huawei dengan Kirin 980 telah mengalahkan Qualcomm dalam sebagai chip fabrikasi 7 nm pertama pada 2018.

Lalu kini, Kirin 990 jadi chip pertama dengan modem 5G tertanam di dalamnya. Lagi-lagi Qualcomm tertinggal dari Huawei.

Apakah Apple benar-benar meluncurkan ponsel 5G tahun depan? Apakah Qualcomm benar-benar akan memasok modem 5G untuk Apple? Kita tunggu saja kehadirannya.


Baca Juga :

Notes :
- Harap Berkomentar Sesuai Dengan Judul Bacaan
- Tidak Diperbolehkan Mempromosikan Barang Atau Berjualan

EmoticonEmoticon