Friday, 8 November 2019

4 Jenis Printer yang Sering di Gunakan Saat Ini


Printer adalah peranti yang menampilkan data dalam bentuk cetak, baik berupa teks maupun gambar di atas kertas. Pencetak biasanya terbagi atas beberapa bagian, yaitu penggetil sebagai alat mengambil kertas dari baki, Baki ialah tempat menaruh kertas. Tinta adalah alat pencetak sesungguhnya, karena ada sesuatu yang disebut tinta atau tinta bubuk yang digunakan untuk menulis pada kertas. Pencetak saat ini sangat banyak macamnya dari kombinasi mesin pencetak multifungsi dengan memiliki fitur yang lengkap dari berbagai aspek diluar fungsi utamanya sebagai alat pencetak, pencetak multifungsi ini memiliki tambahan berupa scanner dan juga penyalinan yang memang disediakan untuk tambahan fitur printer, selain itu ada juga pencetakan jenis baru yang dapat membuat cetakan dengan bentuk 3Dimensi yang terlihat lebih nyata dan berbentuk, salah satu printer terbaru saat ini selalu memberikan fasilitas lebih untuk semakin mempermudah para pengguna, baik itu digunakan perorangan di rumah, atau kelompok seperti di kantor.

Saat ini sudah banyak merek serta jenis printer yang di gunakan, namun 4 jenis printer inilah yang sering dipakai oleh banyak orang. Penasaran apa saja? Yuk simak.

1. Printer Dot Matrix

Printes jenis ini biasanya dapat ditemukan di tempat-tempat seperti swalayan dan juga bank. Printer Dot Matrix merupakan printer yang menggunakan pita sebagai alat percetakan, karena menggunakan pita untuk menampilkan output ke kertas, hasil percetakan printer dot matrix sedikit kasar dan kurang bagus. Dengan menggunakan printer ini, cetakan dapat langsung dirangkap dengan karbon, sebab sistem percetakannya masih menggunakan sistem ketukan.

2. Printer InkJet

Printer InkJet merupakan jenis printer yang paling banyak digunakan saat ini. InkJet sendiri yang tersedia di pasaran saat ini memiliki kemampuan untuk mencetak sampai ukuran kertas yang sangat besar dan kualitasnya pun sangat baik. Resolusinya sendiri printer Inkjet bisa mencapai 5760x1440 dpi. Printer ini bekerja dengan cara menyemprotkan titik-titik kecil tinta pada kertas. Karena menggunakan tinta cairan hasil cetaknya menunggu beberapa detik sampai kering.

Namun kekurangan dari printer ini selain harga cetak perhalamannya yang tinggi tintanya pun bisa luntur saat belum kering atau terkena cairan.

3. Printer LaserJet

Printer laser jet merupakan jenis printer yang metode pencetakannya tinta bubuk atau yang biasa di sebut toner dengan menggunakan perangkat infra merah. Selain hasil cetaknya yang lebih bagus dari printer lainnya, printer ini juga memiliki kecepatan pencetakan yang tinggi dan hasil cetaknya pun juga lebih cepat kering seperti hasil pada mesin photo copy.

Namun untuk printer jenis ini harganya lebih mahal dibandingkan printer jenis inkjet, serta untuk cetak foto gambarnya kurang tajam dan kemungkinan cetak warna yang tidak pas pada printer LED membuat gambar menjadi kabur.

4. Printer 3D

Printer 3D memang tidak digunakan untuk mencetak foto maupun dokumen, namun printer 3D memiliki kemampuan untuk mencetak model 3 dimensi yang sudah terlebih dahulu diprogam melalui komputer. Yang membedakan printer ini dengan jenis lain, ialah printer 3D tidak menggunakan tinta melainkan bahan plastic molten wax dan lainnya untuk membuat objek.

Cara kerja dari 3D printing adalah kebalikan dari manufaktur subtraktif yang biasanya dilihat mesin CNC atau mesin bubut untuk mengikis/membentuk logam sampai kebentuk yang diinginkannya. Printer 3D memungkinkan pengguna menghasilkan bentuk yang kompleks dengan menggunakan lebih sedikit bahan dari pada metode pembuatan manual.

Baca Juga


Itulah jenis printer yang sering digunakan, banyak sekali teknologi baru yang dapat dikembangkan melalu printer. Seperti printer 3 dimensi yang merupakan teknologi terbaru dari printer.

Notes :
- Harap Berkomentar Sesuai Dengan Judul Bacaan
- Tidak Diperbolehkan Mempromosikan Barang Atau Berjualan

EmoticonEmoticon